Kamis, 29 Juli 2010

Internetan Sehat Go....!!!

blogger indonesia dukung 
internet sehat
Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat
Manfaat & tips berinternet sehat dan aman dalam bertransaksi / berbisnis secara online
Berbicara mengenai berinternet ria, banyak hal yang bisa kita bahas. Dimulai dari manfaat internet, tips cara berinternet sehat serta bagaimana cara agar berinternet bisa selalu dalam keadaan aman terutama saat menggunakan internet sebagai media berbisnis atau yang lebih populer dengan nama bisnis online. Agar pembahasan Majalah Blogger ini menjadi lebih terarah, maka kita bahas satu persatu.
Manfaat berinternet
Dengan adanya media internet banyak sekali manfaat dan kemudahan yang bisa kita rasakan. Misalnya kita bisa menjadi lebih mudah mengirim data semisal tugas kantor. Tanpa internet untuk mengirim data perusahaan kita membutuhkan waktu berjam-jam dalam perjalanan hanya untuk mengirim data belum lagi waktu kita terbuang oleh urusan jalanan yang macet. serta manfaat-manfaat lainnya yang mungkin anda lebih tahu.
Tips cara berinternet sehat
Berikut beberapa tipsnya:

  1. Membuat jadwal pemakaian internet.
  2. Menetapkan jadwal untuk berinternet ria penting, karena bila tidak, pengguna internet bisa menjadi lalai dan melupakan kewajibannya.
  3. Memiliki tujuan dan niat yang jelas Pengguna internet yang tidak memiliki tujuan yang jelas hanya akan membuang waktu saja. Untuk itu tentukan tujuan anda menggunakan internet, misalnya jika anda sedang mencari jurnal untuk tugas kerja atau atau tugas sekolah, maka fokuslah kesana, hindari iseng-iseng membuka halaman tertentu, misalnya menonton piala dunia. Atau juga mencari music mp3, karena hanya akan mengalihkan fokus anda.
  4. Tetapkan waktu yang ingin dicapai saat berinternet, serta tentukan pula toleransi waktu jika waktu yang ingin dicapai sudah lewat (tentukan injury time)
  5. Sempatkan waktu untuk melakukan hubungan sosial dan kegiatan sosial lainnya dilingkungan anda, minimal saat event-event atau hari-hari besar dan libur nasional, jangan saat momentum itu tiba, anda masih bergulat saja dengan internet dan justru mengobrol dengan seseorang melalui internet. Hal ini penting karena kita mahluk sosial yang butuh berkomunikasi dengan seseorang bukan hanya dari ketikkan tangan kita saja, namun seluruh tubuh kita harus berkomunikasi dengan orang lain
  6. Gunakan software pemercepat (accelerator) yang meningkatkan kinerja dan performa web browser anda, misalnya jika anda menggunakan firefox, anda bisa menggunakan speedy fox
  7. Lakukan peregangan otot-otot, minimal setiap 30 menit atau satu jam, selama minimal 5 menit, peregangan otot ini penting dan jangan tunggu sampai badan anda merasa pegal
  8. Lakukan istirahat minimal satu jam sekali selama 10 menit
  9. Hentikan melihat ke layar monitor, dan mulai menatap objek yang jauh untuk beberapa saat, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah stress pada otot lensa mata anda karena terus menerus dipaksa berkontraksi pada kondisi yang sama terus menerus, lakukan hal ini dalam interval yang tetap dan jangka waktu yang kira-kira bersamaan
  10. Jika ingin melakukan pencarian di internet, lakukan dengan menggunakan widget yang ada pada browser masing-masing, misalnya pada firefox atau opera, anda bisa memanfaatkan kolom search yang letaknya di kanan atas, atau pada firefox bisa langsung menggunakan shortcut firefox dengan menekan kombinasi ctrl+k atau jika anda menggunakan Google chrome, ketikkan saja apa yang ingin anda cari pada address bar, karena address bar google chrome sudah terintegrasi dengan mesin pencari Google.
  11. Gunakanlah software download manager maupun dowanload accelerator untuk mempercepat proses download anda dan mengefisienkan waktu anda, dengan ini anda bisa berkontribusi dalam green computing karena semakin cepat proses download anda, semakin cepat pula anda mengistirahatkan komputer anda, dan semakin hemat energi yang anda gunakan, serta semakin kecil pula polusi yang anda sumbangkan :)
Cara aman bertransaksi online
Selain menggunakan internet secara sehat, anda juga perlu tahu bagaimana berinternet tetap aman saat melakukan transaksi online. Untuk itu simak beberapa tips cara bertransaksi online misalnya saat saat melakukan transaksi jual beli di internet.
  1. periksa dengan teliti barang yang hendak dibeli
  2. Periksa dari mulai ukuran, bentuk, sampai harganya, kalau memungkinkan minta dikirimkan contoh asli produknya. Juga jangan lupa, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut dan tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada).
  3. Perhatikan apakah tokonya benar-benar terlihat serius dikelola
  4. Perhatikan dengan teliti toko online yang digunakan untuk memajang produk. Apakah informasinya terus di update,  apakah ada tersedia informasi detail tentang tata cara order, alamat kontak, dan sebagainya. Semakin lengkap dan professional toko online yang mereka gunakan, semakin baik bagi para calon pembeli.
  5. Selain kita mengamati dengan teliti produk dan toko online yang digunakan, kita juga perlu mengamati kinerja penjual produk tersebut. Bagaimana caranya?
    • Lihat testimonial (kesaksian) dalam melihat kesaksian lebih baik menggunakan mesin pencari google untuk menelitinya. Misalnya dengan mengetikkan nama penjual atau toko online di mesin pencari google. Lihat apakah ada komentar-komentar miring tentang penjual tersebut. jika kita melihat langsung dari testimoni, dikhawatirkan testimoni itu direkayasa, karena siapa yang tahu keasliannya??
    • Cari informasi sedetail-detailnya dengan memanfaatkan jasa teman dan komunitas kita. Apakah mereka pernah berinteraksi dengan penjual tersebut. Jika iya, maka tanyakan seberapa profesionalkah penjual tersebut mengelola bisnisnya.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More